Pengaturan Ruang Kerja untuk Kamu yang Bekerja di Rumah

Bagi kamu yang selalu mengikuti perkembangan teknologi, tentu tak asing lagi dengan banyaknya profesi yang mengandalkan internet. Terlebih ketika mampu menciptakan lowongan kerja sendiri dan nggak perlu terikat aturan kantor. Misalnya saja profesi sebagai freelancer, youtuber, blogger, broker, dan sebagainya.

Pengaturan Ruang Kerja untuk Kamu yang Bekerja di Rumah

Profesi tersebut pastinya sangat efektif, karena tak mengharuskan kamu pergi ke kantor dan juga terkena macet. Selain itu, jam kerja juga bisa kamu atur sendiri. Kamu akan lebih leluasa kapan pun dan di mana pun kamu ingin mengerjakannya.

Meski cukup fleksibel, ngga ada salahnya kamu mencoba untuk mengatur ruang kerja kamu sendiri di rumah. Tentunya, ruang kerja yang nyaman akan membuatmu lebih bersemangat dan terhindar dari malas. Kamu bisa menciptakan desain minimalis di ruang kerja sesuai keinginan demi mendukung kreativitas.

Mengatur Ruangan Kerja di Rumah

Penataan ruang kerja, tentunya menjadi salah satu aspek yang penting ketika kamu bekerja di rumah. Dengan ruangan kerja yang nyaman, akan memunculkan inspirasi serta ide ide baru. Dalam penataan tempat kerja, perlu memperhatikan kenyamanan ruangan.

1. Menyediakan ruangan khusus

Meski bekerja di rumah bisa dikerjakan di tempat manapun kamu suka, namun akan lebih baik jika kamu memiliki ruangan kerja tersendiri. Nggak harus membangun ruangan tambahan, kamu juga bisa memanfaatkan bagian kosong rumah. Misalnya saja di ujung ruangan ataupun tempat kosong di kamar kamu.

Namun dalam penataannya, kamu perlu menghindari pemilihan lokasi di tempat yang berisik. Ruangan keluarga, ruang bermain, atau tempat nonton TV sebaiknya kamu hindari. Selain itu juga jangan memilih ruangan yang menjadi tempat lalu lalang, seperti dekat teras dan ruang utama. Terlebih jika rumahmu berada di dekat jalan raya. Penempatan ruang yang salah, tentunya bisa mengganggu konsentrasi kamu.

2. Membuat dekorasi atau desain ruangan

Sebagai tempat kerja, tak ada salahnya kamu menghias ruangan sesuai keinginanmu. Misalnya memberikan lampu lampu berwarna di dinding, tanaman hias, danĀ  wallpaper korea. Atau kamu juga bisa menaruh foto foto yang memberikan motivasi di atas meja kerja. Tentunya hal itu akan membuatmu termotivasi dan menghilangkan rasa malas.

Tak ketinggalan, kamu bisa memberikan sentuhan warna yang keren untuk dinding ruangan. Pemilihan warna bisa menggunakan motif polos, bergaris, ataupun motif lain. Namun hindarkan pemilihan motif serta warna yang terlalu ramai. Selain itu juga usahakan memberikan accesories yang berlebihan.

3. Pakailah furnitur yang mendukung konsep ruangan

Adanya furnitur dalam ruang kerja, akan sangat bermanfaat dalam menunjang konsentrasi serta kenyamanan. Misalnya perlengkapan meja dan kursi yang sesuai untuk kamu, serta lemari atau rak untuk berkas berkas. Jika pekerjaanmu melibatkan kehadiran klien, kamu bisa menambah sofa ataupun karpet yang keren.

4. Sesuaikan konsep ruangan

Tentunya, ruangan kerja di rumah bisa kamu sesuaikan dengan jenis pekerjaan kamu. Misalkan kamu seorang youtuber gaming, kamu bisa membuat ruangan denagn konsep remang remang. Pencahayaan sedikit gelap bertujuan untuk mengurangi penyebaran cahaya dari gadget.

Atau misalkan kamu seorang broker, kamu bisa membuat ruangan dengan lebih rapi. Hal ini dimaksudkan untuk mempersiapkan jika ada klien datang. Untuk konsep seperti ini, kamu bisa menambahkan sedikit hiasan seperti wallpaper dinding korea untuk menghilangkan kejenuhan. Karena dinding yang polos juga berpengaruh pada munculnya rasa bosan.

Beberapa trik di atas bisa kamu terapkan dalam pengaturan ruang kerja di rumah. Meski di rumah sendiri, tak ada salahnya kamu memperhatikan kenyamanan selama bekerja.